Pengertian yang Cukup Sederhana,
bahwa Strategic Planning (Perencaaan Strategis) adalah Hal yang
menentukan bagaimana sebuah Organisasi akan melalui tahun-tahun ke depan,
bagaimana mencapai tujuannya dan bagaimana mengetahui cara mencapai
tujuan. Fokus Strategic Planning selalu meliputi keseluruhan Organisasi sedangkan sebuah Business Plan berfokus pada beberapa Bagian Produk,
Pelayanan atau Program. Banyak Variasi Perspektif dan Model Pendekatan
dalam sebuah Strategic Planning, yang mana bergantung pada Budaya Perusahaan, Kepemimpinan,
Kompleksitas dan Lingkungan Organisasi.
Pengertian dan Pemahaman Strategic Planning
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Strategic Planning memiliki
beberapa Perspektif dan Pendekatan serta Model yang dapat dipergunakan. Beberapa
variasi dari Strategic Planning Model termasuk Dasar Tujuan, Dasar Isu,
Skenario Organik dan lainnya.
1) Perencanaan Dasar Tujuan adalah yang paling umum dilakukan
dan mengacu pada Misi Organisasi (Visi dan Nilai), Tujuan Kerja yang mencapai
Misi, Strategi untuk mencapai Tujuan dan Perencanaan Tujuan (Apa yang akan
dilakukan, Siapa yang melakukan dan Kapan melakukannya).
2) Perencanaan Strategis berdasar Isu yang selalu dimulai
dengan nguji isu yang tengah dihadapi Organisasi, Strategi yang menyesuaikan
dengan Isu dan Rencana Aksi.
3) Perencanaan Strategis Organik adalah hasil pengejawantahan
Visi dan Nilai Perusahaan. Rencana Aksi yang mengikuti Nilai.
Beberapa Perencanaan melakukan pendekatan yang seperti Penyelidikan atau
Apresiatif.
Perencanaan Strategis dapat dibuat untuk jangka waktu satu
tahun, tiga atau lima tahun ke depan. Terkadang sebuah Strategic Planning
hanya mencakup Informasi Penting tanpa Action Plan (Rencana Aksi). Banyak
diantara Anda dan Pengambil Keputusan sudah mengetahui tentang “apa” yang akan
masuk dalam Sebuah Rencana Strategis, namun terkadang Pengembangan Rencana
Strategis jauh lebih Penting untuk Memperjelas dan Mempertegas Rencana Besar
Organisasi Perusahaan dan Memastikan semua “Pemimpin Kunci” memiliki Pandangan
yang sama akan Rencana Strategis tersebut. Hal lain yang sangat penting
daripada sekedar Dokumentasi Rencana Strategis adalah Proses Perencanaan
Strategis itu sendiri.
Ukuran Organisasi, Perbedaan Organisasi dalam Pelaksanaan
Kegiatan cenderung hanya sebagai Sifat dan Perilaku dari masing-masing Individu
Organisasi (Profit atau Non-Profit). Seperti missal ada orang yang lebih
suka dengan Strategi Top-Down, Strategi Umum-Spesifik namun ada pula orang yang
suka dengan Pendekatan Organik yang berbeda satu dan lainnya, akrena sifat
Artistik dan Reflektif terhadap Kondisi.
Strategic Planning atau Perencanaan Strategis pada dasarnya
harus mengacu pada Visi dan Misi Organisasi Perusahaan secara Global, dan
dituangkan dalam setiap Action Plan (Rencana Aksi) yang bersifat Unik dan
Spesifik sesuai Karakter dan Perilaku Organisasi dan Individu yang
terlibat. Perencanaan Strategis merupakan sebuah Proses yang akan dilalui
setahap demi setahap mencapai Tujuan atau Goals Organisasi secara Periodik satu
tahun, atau lebih.
No comments:
Post a Comment